Video of the day

Home » » Jenis-Jenis Anemia

Jenis-Jenis Anemia

Rata-Rata orang terkena anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam aliran darah tapi dalam kenyataannya anemia ditandai bersama kekurangan hemoglobin dari sel darah merah menyusut kebolehan darah buat mengangkut oksigen ke sel-sel kita & utk menghilangkan karbon dioksida. Pada artikel ini, kita dapat membahas tipe anemia.

II. Jenis anemia
1. Genetik melintasi
Anemia ialah penyakit genetik yang melewati dari generasi ke generasi.turun menurun dari orangtua ke anak!

a) Thalassmia

i) Thalassmia minor
Ini merupakan anemia yg paling umum kepada orang dari keturunan Mediterania. Ini yaitu kasus ringan anemia. Sel darah lebih mungil dari sel darah normal & gampang mati menyebabkan stres buat reproduksi sel darah merah baru dikarenakan tak pass sel darah baru utk menukar hilangnya sel darah merah.

ii) Thalassmia penting
Thalassmia mutlak pun dinamakan anemia Cooley. Ini ialah kelainan bawaan yg mempengaruhi produksi hemoglobin normal. Thalassmia mutlak merupakan penyakit mematikan tidak dengan transfusi darah tidak jarang, orang bersama tipe anemia tak mampu berkukuh hidup lantaran bangunan besi dalam hati & organ yang lain, yg mengakibatkan tidak berhasil jantung.

b) Anemia aplastik
Ini merupakan salah satu kasus yg paling mematikan & paling langka anemia. Buat argumen apapun, tulang sumsum yg memproduksi sel darah merah tak bekerja dgn benar atau bisa saja disebabkan oleh ganjalan auto-imun yg menyebabkan sel-sel darah putih menyerang sumsum tulang.
c) Sickle bersel anemia

Ini ialah wujud serius yg mengintimidasi jiwa mewarisi anemia yg sebahagian akbar mempengaruhi beberapa orang keturunan Afrika. Anemia sel sabit terbentuk dari defisiensi hemoglobin menyebabkan sel darah merah jadi lengket, kaku, & lebih rapuh maka wujud kurva & sabit-bentuk, membatasi sirkulasi darah dalam badan kita.

2. Defisiensi anemia zat besi
Besi ialah yg paling utama mineral dalam darah, bekerjasama bersama seng & tembaga buat menunjang utk meningkatkan tingkat oksigen & sirkulasi darah kita buat memelihara sel-sel badan kita & menghapus karbon dioksida dari aliran darah. Besi yakni susah buat diserap mineral, tidak dengan membawa dgn bersama vitamin C, zat besi yg paling dalam badan kita terbuang.

3 Defisiensi asam folat & dari anemia vitamin B12 (anemia pernisiosa)
Asam folat & vitamin B12 amat utama buat reproduksi sel darah merah yg disebabkan oleh minum alkohol yg berlebihan & asupan tertentu obat tertentu seperti kontrasepsi oral atau obat antikanker. Orang konsumsi makanan cuma dimasak mempunyai risiko paling atas kekurangan folat & vitamin B12 anemia.

4. kronis anemia kehilangan darah
Type anemia dihasilkan dari beragam keadaan kronis seperti wasir, kanker, menstruasi & tukak lambung.

5. anemia hemolitik
Dalam aspek ini, penghancuran sel darah merah lanjut umur melebihi produksi yg baru yg disebabkan oleh sintesis hemoglobin cacat atau trauma dalam arteri, atau disebabkan oleh antibodi yg diproduksi oleh system kekebalan badan merusak sel-sel darah merah.
Saya Saya Saya. Penyebab anemia

1. Hemolisis
Hemolisis yaitu anemia yg disebabkan oleh meruntuhkan sel-sel darah merah juga sebagai akibat dari reaksi kekebalan badan, & toksin & racun. Perawatan hemodialisis atau operasi.

2. Penurunan produksi sel darah merah oleh sumsum tulang
Sumsum tulang ialah jaringan lemak lembut ditemukan di dalam tulang badan. Seandainya sumsum tulang jadi rusak atau malfungsi, menyebabkan kelainan dalam produksi salah satu sel darah dewasa yg mengakibatkan penurunan produksi sel darah merah, atau segera hilangnya sel darah merah.

Loss 3. Darah
Kehilangan darah sanggup yang merupakan hasil dari musim menstruasi yg teramat berat. Wanita mampu jadi anemia jikalau mereka mengabaikan keperluan menstruasi bulanan mereka sebab darah mereka naik & turun dengan cara siklus. Oleh sebab nutrisi lebih tidak sedikit darah yg dibutuhkan buat melawan kehilangan darah tatkala menstruasi. Masalah kesehatan tertentu bisa juga menyebabkan hilangnya besi, termasuk juga pendarahan kronis kepada gusi, wasir, atau ulkus & ulkus kronis.

4. Penyakit kronis atau anemia peradangan
Anemia peradangan tidak jarang serupa anemia defisiensi besi disebabkan oleh tingginya tingkat launcing pemblokiran feritin besi dalam sel ke dalam aliran darah atau tingkat tinggi transferin mengikat ke besi. Penelitian menunjukkan bahwa peradangan membenci pula tampaknya mempengaruhi unsur utama yang lain metabolisme besi dikarenakan peradangan menyebabkan hati utk memproduksi lebih hepcidin bahwa blok ferropotin utk melepaskan besi.

5. Terapi Kanker
Pengobatan kanker seperti kemoterapi akan mengurangi produksi sel darah merah dari tulang maka kurang oksigen dalam aliran darah diangkut ke semua bidang sel badan kita.

6. berlebihan minum alkohol
Alkohol ialah stimulan. Berlebihan minum alkohol akan berkontribusi buat kekurangan vitamin, anemia, pun anemia peradangan. Ini direkomendasikan bahwa cowok mempunyai tak lebih dari dua gelas sehari, & bahwa wanita membatasi asupan alkohol buat satu minuman sehari-hari.
7. Merokok

Merokok menyebabkan menipisnya kadar oksigen dalam aliran darah serta menghalangi penyerapan nutrisi utama, seperti asam folat & vitamin C, meningkatkan risiko anemia defisiensi vitamin. 

0 komentar :

Posting Komentar